Selasa, 22 November 2011

Consumer-to-business ( C2B )

Consumer-to-business ( C2B )

Consumer-to-business ( C2B ) adalah electronic commerce model bisnis di mana konsumen (individu) menawarkan produk dan layanan untuk perusahaan dan perusahaan membayar mereka. Model bisnis ini merupakan pembalikan lengkap dari model bisnis tradisional dimana perusahaan menawarkan barang dan jasa kepada konsumen ( bisnis-to-consumer = B2C). Kita dapat melihat contoh ini di blog atau forum internet di mana penulis menawarkan link kembali ke bisnis online memfasilitasi pembelian beberapa produk (seperti buku tentang Amazon.com ), dan penulis mungkin menerima pendapatan afiliasi dari penjualan yang sukses.

Semacam ini hubungan ekonomi yang memenuhi syarat sebagai jenis usaha terbalik. Munculnya skema C2B adalah karena perubahan besar:

  • Menghubungkan sebuah kelompok besar orang untuk dua arah jaringan semacam ini telah membuat hubungan komersial mungkin. Tradisional media besar outlet adalah salah satu hubungan arah sedangkan internet adalah salah satu dua arah.
  • Penurunan biaya teknologi: Individu sekarang memiliki akses ke teknologi yang dulunya hanya tersedia bagi perusahaan besar (digital printing dan teknologi akuisisi, komputer kinerja tinggi, perangkat lunak yang kuat)
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Consumer-to-business Selasa, 22 November 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar