Sabtu, 11 April 2009

Alat-alat komunikasi


Pada awalnya alat komunukasi hanyalah alat-alat yang dibuat untuk bisa memangil orang untuk berkumpul, biasanya digunakan untuk acara peribadatan dan acara-acara adat. Contoh alat komunikasi kuno yang nasih digunakan sampai saat ini adalah sbb:

kentongan
kentongan digunakan untuk memanggil orang-orang untuk berkumpul(saat ini masih digunakan di desa-desa), biasanya untuk acara adat, hajat, atau sekedar acara bersih desa. kentongan juga masih digunakan untuk ronda malam.


bedug
bedug digunakan untuk acara keagamaan, di asia (kecuali jepang) bedug digunakan di masjid-masjid untuk panggilan kaum musim dalam menjalankan peribadatan (saat ini di kota-kota besar seperti jakarta bedug sudah jarang digunakan, diganti dengan pengeras suara moderen).
Di jepang bedug juga digunakan untuk aktivitas keagamaan, tapi tentu saja bukan hanya komunitas muslim yang menggunakan bedug disana, hampir semua masyarakat jepang meggunakannya hingga kini.


lonceng
lonceng digunakan manyarakat eropa dan kaum nasrani (untuk penanda waktu di gereja-gereja) dan mayarakat asia khususnya china dan umat budha (untuk acara-acara peribadatan, biasanya terdapat di kuil-kuil dan tempat ibadah lainnya).



pada masa sekarang alat komunikasi sudah menggunakan teknologi terbaru, contohnya adalah alat-alat berikut, yang hampir semua orang memilikinya.


walky-talky
digunakan untuk komunikasi jarak dekat tanpa dikenakan pulsa alias gratis, alat diatur ini menggunakan gelombang analaog atau gelombang yang biasa digunakan untuk radio. biasanya digunakan di instansi-instansi yang yang ruang lingkupnya cukup luas.


handpone
nah, ini dia handpone, sebuah produk teknologi yang di jaman ini nyaris semua orang memilikinya, bahkan 1 orang bisa memiliki lebih dari satu. pembawaannya yang praktis dan harga yang relatif terjangkau, serta kebutuhan akan informasi yang sangat dibutuhkan, pengunaan juga mudah dipelajari, membuat alat ini digandrungi masyarakat bumi.


telepon
telepon, karena jaringannya yang memerlukan kabel dan instalasi, sehingga alat ini hanya bisa berada di satu tempat (yaitu di rumah-rumah atau kantor-kantor dan tempat umum lainnya) tidak bisa digunakan tanpa instalasi.




internet
berbeda dengan teknologi yang tersebut diatas internet dapat di akses melalui berbagai perangkat keras, seperti komputer, handpone,dan teknologi cangih lainnya, yang terpenting ada jaringan dan fasilitas internetnya.tak kalah dengan handpone internet juga digandrungi masyarakat bumi, karena begitu mudahnya menemukan berbagai informasi disini.


alat penerima sinyal dari satelit-satelit diangkasa
alat ini digunakan untuk menerima laporan berupa kode/sandi dari satelit-satelit di agkasa, yang kemudian dapat diubah dan diterjemahkan menjadi gambar atau suara oleh alat lainnya. alat ini biasanya digunakan oleh pelangan tv kabel.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar